Kamis, 30 September 2010

Cara Menyelesaikan Rubik’s Cube 4×4x4

Untuk menyelesaikan rubik 4x4x4 memang tidak semudah menyelesaikan generasi sebelumnya, yaitu rubik 3x3x3. Terdapat beberapa tambahan algoritma baru dan beberapa kondisi-kondisi tertentu yang tidak ada pada rubik 3x3x3. Rubik yang biasa disebut dengan rubik revange atau master cube ini sebenarnya dalam menyelesaikannya tetap menggunakan algoritma yang ada pada rubik 3x3x3. Photobucket

Maka dari itu, bagi yang belum bisa menyelesaikan rubik cube 3x3x3 harus dapat menguasainya terlebih dahulu karena disini hanya dijelaskan algoritma-algoritma tambahannya saja yang tidak ada pada rubik 3x3x3. Penyelesain dari rubik 3x3x3 dapat dilihat pada artikel yang juga ada di blog ini, yaitu di Cara Menyelesaikan Rubik Cube Photobucket

Mungkin, dalam tutorial-tutorial yang ada di internet terlalu berbelit-belit, maka disini saya jelaskan secara mudahnya saja.
Photobucket

rubik's 4x4x4

Pada dasarnya dalam meyelesaikan rubik 4x4x4 terdapat 4 langkah dasar, yaitu:
1. Menjadikan bagian tengah rubik
2. Membuat tepi rubik menjadi benar
3. Menjadikan rubik dengan menganggapnya sebagai rubik 3x3x3
4. Koreksi terhadap kesalahan [jika ada]

Penjelasannya adalah sebagai berikut: Photobucket

1. Menjadikan Bagian Tengah Rubik

Langkah pertama dalam menjadikan rubik 4x4x4 adalah menjadikan bagian tengah terlebih dahulu. Bagian tengah rubik ini tersusun atas 4 kotak.

Photobucket

Namun, terdapat sedikit catatan dalam menjadikan bagian tengah rubik, yaitu tentang posisi warna. Dalam rubik 4x4x4, tidak seperti pada rubik 3x3x3 yang bagian tengahnya akan selalu berada dalam keadaan yang tidak mungkin salah, rubik 4x4x4 terdapat aturan tersendiri agar posisinya tidak salah. Aturan tersebut antara lain:

a. Pasangan warna yang bertolak belakang/berkebalikan (bagian depan dengan bagian belakang) HARUS benar, yaitu (jika menganut rubik dengan warna standar) Merah dengan Orange, Biru dengan Hijau dan Kuning dengan Putih. Jika tidak maka rubiks tidak mungkin bisa jadi keenam warnanya.

b. Posisi warna HARUS tepat. Hal ini sebenarnya dapat diatasi kemudian jika terdapat kesalahan, namun hal tersebut akan buang-buang waktu saja. Apa salahnya jika sejak tahap developing bagian tengah rubik, kita sekaligus menempatkan pada posisi yang benar, maka kita dapat menghemat waktu. Misalnya saja saya menggunakan aturan merah-putih-hijau, artinya jika bagian atas merah, maka bagian depan adalah putih dan bagian kanannya adalah hijau (seperti yang terlihat pada gambar rubik diatas). Hal ini tidak harus terpaku untuk menjadikan warna tersebut, namun dapat dimulai dengan warna yang lain tetapi tetap berpegang pada pedoman tersebut (dengan melihat warna kebalikannya)

Cara untuk menjadikan bagian tengah rubik sebenarnya hanya terdapat 1 algoritma dasar, namun bisa dikembangkan sendiri. Disini hanya diberikan algoritma dasar saja. Hal ini lebih efektif daripada memberikan banyak sekali rumus dan algoritma-algoritma dengan berbagai kondisi yang akan membuat semakin bingung saja. Tetapi hanya cukup algoritma dasar saja, dengan sedikit menggunakan logika, sudah cukup menyelesaikan dalam kondisi apapun.

Photobucket

Algoritmanya tidak rumit kok, konsepnya adalah sebagai berikut:

Photobucket
Coba diresapi, maka kunci dari step ini akan ditemukan. Photobucket

2. Menjadikan Tepi Rubik Menjadi Benar

Benar disini adalah tepi rubik yang berjumlah 2 kotak bersebelahan mempunyai komposisi warna yang sama persis. Pembuatan warna yang sama ini agar rubik dapat dikondisikan seperti pada rubik 3x3x3. Namun, kondisinya boleh keacak seperti gambar berikut.

Photobucket

Sama seperti step pertama, dalam step ini juga mempunyai konsep dasar dalam menjadikan tepi rubik menjadi benar posisinya, yaitu sebagai berikut.

Photobucket

Inti dari langkah tersebut adalah menggabungkan potongan-potongan tepi kemudian ditukarkan dengan pasangan yang belum jadi. Pasangan yang belum jadi tidak harus berada pada posisi tersebut (pada gambar diatas), melainkan bisa pada pada lingkaran oranye yang lain, yang intinya sebagai penukar pasangan yang baru saja dijadikan tersebut. Misalnya pada kondisi seperti pada gambar diatas maka algoritmanya adalah u' R U' R' u.

Silakan dicoba sendiri, dan tangkap apa yang terjadi. Paham kan? Photobucket Lakukan hal tersebut sampai tersisa 2 pasangan yang belum jadi. Jika sedang beruntung terkadang malah sudah jadi semua. Namun, jika masih ada 2 pasang, maka kondisikan menjadi keadaan berikut.

Photobucket

Dengan langkah terakhir tersebut maka rubik sudah benar kesemua tepinya. Selanjutnya adalah step ketiga. Photobucket

3. Menjadikan Rubik Dengan Menganggapnya Sebagai Rubik 3x3x3

Setelah tepi dan tengah rubik dalam keadaan benar, maka rubik tersebut dapat dianggap sebagai rubik 3x3x3.

Photobucket

Empat kotak rubik 4x4x4 dianggap sebagai bagian tengah rubik 3x3x3 dan 2 bagian tepi rubik 4x4x4 dianggap sebagai tepi rubik 3x3x3. Selanjutnya, cara untuk menjadikannya adalah seperti pada rubik 3x3x3. Photobucket

Photobucket

Jika sedang beruntung, maka pada step ini rubik 4x4x4 sudah jadi. Namun, tekadang ada kondisi baru yang tidak ditemui pada rubik 3x3x3. Jika hal itu muncul, maka step keempat berikut merupakan solusinya.

4. Koreksi Terhadap Kesalahan.

Kondisi yang hanya terjadi pada rubiks 4x4x4 dan tidak mungkin ada pada rubiks 3x3x3 adalah sebagai berikut.

Photobucket Photobucket

Cara menyelesaikan rubiks 4x4x4 yang mempunyai kondisi tersebut adalah:


r2 B2 U2 l U2 r' U2 r U2 F2 r F2 l' B2 r2

Namun algoritma tersebut hanya membuat rubiks terhindar dari kondisi tersebut. Alhasil rubiks kembali menjadi tidak beraturan karena kedua pojoknya menjadi tertukar, dan harus mengulang lagi langkah-langkah penyelesaian dari rubiks 3x3x3.

Untuk sementara yang saya ketahui adalah rumus yang tidak praktis tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer